Hubungan Pendidikan, Kurikulum dan
Pembelajaran
Definisi pendidikan
menurut para ahli
a. Menurut Edgar Dalle bahwa Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan
oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan,
pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah
sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan
peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan
datang.
b. Menurut Juhn Dewey, Pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna
pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau
pergaulan orang dewasa dengan orang muda,mungkin pula terjadi secara sengaja
dan dilembagakan untuk untuk menghasilkan kesinambungan sosial. Proses ini
melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan
kelompok dimana dia hidup.
c. John
Stuart Mill (filosof
Inggris, 1806-1873 M) menjabarkan bahwa Pendidikan itu meliputi segala sesuatu
yang dikerjakan oleh seseorang untuk dirinya atau yang dikerjakan oleh orang
lain untuk dia,dengan
tujuan mendekatkan dia kepada tingkat kesempurnaan.
Jadi
kesimpulan dari beberapa ahli diatas, pendidikan adalah suatu usaha sadar yang
dilakukan oleh manusia dalam sebuah kelembagaan dengan tujuan untuk mendekatkan
manusia itu sendiri pada tingkat kesempurnaan.
Definisi kurikulum menurut para ahli
a. Menurut Hilda
Taba, Kurikulum adalah sebuah rancangan pembelajaran, yang disusun dengan
mempertimbangkan berbagai hal mengenai proses pembelajaran serta perkembangan
individu
b. Menurut Daniel
Tanner dan Laurel Tanner, Pengalaman pembelajaran yang terencana dan terarah,
yang disusun melalui proses rekonstruksi pengetahuan dan pengalaman yang
sistematis di bawah pengawasan lembaga pendidikan agar pembelajar dapat terus
memiliki minat untuk belajar sebagai bagian dari kompetensi sosial pribadinya.
c. Menurut Murray
Print, Kurikum didefinisikan sebagai semua ruang pembelajaran terencana yang
diberikan kepada siswa oleh lembaga pendidikan dan pengalaman yang dinikmati
oleh siswa saat kurikulum itu terapkan.
Jadi
kesimpulan dari beberapa ahli diatas, kurikulum adalah sebuah rancangan
pembelajaran yang terencana dan terarah dimana diberikan kepada yang dididik (siswa)
oleh lembaga pendidikan.
Definisi pembelajaran menurut para ahli
a. Menurut Winkel, belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis yang berlangsung
dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan
dalam pengelolaan pemahaman.
b. Menurut Ernest R. Hilgard dalam (Sumardi Suryabrata, 1984:252) belajar merupakan
proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan
perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.
c. Menurut
Sudjana (2004:28) , Pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap upaya yang
sistematik dan sengaja untuk menciptakan agar terjadi kegiatan interaksi edukatif antara dua pihak, yaitu antara peserta didik (warga belajar)
dan pendidik (sumber belajar) yang melakukan kegiatan membelajarkan”
Jadi
kesimpulan dari beberapa ahli diatas, pembelajaran adalah proses sistematik
yang dilakukan dengan sengaja untuk menciptakan interaksi aktif yang
menghasilkan perubahan.
“Pendidikan, kurikulum dan pembelajaran
memiliki keterikatan yang sangat penting, apalagi dalam sebuah kelembagaan. Pendidikan
sebagai wadah atau disebut juga sebagai lembaga yang menampung, dimana dalam
sebuah lembaga tersebut terdapat sebuah rancangan yang terencana dan terarah
yang biasa disebut kurikulum. Tapi semua itu tidak akan terlaksana tanpa adanya
implementasi. Implementasi itu didapat dengan pembelajaran. Untuk itulah,
mengapa pendidikan, kurikulum dan pembelajaran memiliki keterkaitan yang sangat
penting dan tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya.”
Trims. Banyak bu.
BalasHapusTrims. Banyak bu.
BalasHapusijin copy utk bahan bacaan ya kawan
BalasHapus