Senin, 23 September 2013

Hubungan Pendidikan, Kurikulum dan Pembelajaran

Hubungan Pendidikan, Kurikulum dan Pembelajaran

Definisi pendidikan menurut para ahli
a.     Menurut Edgar Dalle bahwa Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang.
b.     Menurut Juhn Dewey, Pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda,mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk untuk menghasilkan kesinambungan sosial. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok dimana dia hidup.
c.     John Stuart Mill (filosof Inggris, 1806-1873 M) menjabarkan bahwa Pendidikan itu meliputi segala sesuatu yang dikerjakan oleh seseorang untuk dirinya atau yang dikerjakan oleh orang lain untuk dia,dengan tujuan mendekatkan dia kepada tingkat kesempurnaan.
Jadi kesimpulan dari beberapa ahli diatas, pendidikan adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh manusia dalam sebuah kelembagaan dengan tujuan untuk mendekatkan manusia itu sendiri pada tingkat kesempurnaan.
Definisi kurikulum menurut para ahli
a.     Menurut Hilda Taba, Kurikulum adalah sebuah rancangan pembelajaran, yang disusun dengan mempertimbangkan berbagai hal mengenai proses pembelajaran serta perkembangan individu
b.     Menurut Daniel Tanner dan Laurel Tanner, Pengalaman pembelajaran yang terencana dan terarah, yang disusun melalui proses rekonstruksi pengetahuan dan pengalaman yang sistematis di bawah pengawasan lembaga pendidikan agar pembelajar dapat terus memiliki minat untuk belajar sebagai bagian dari kompetensi sosial pribadinya.
c.     Menurut Murray Print, Kurikum didefinisikan sebagai semua ruang pembelajaran terencana yang diberikan kepada siswa oleh lembaga pendidikan dan pengalaman yang dinikmati oleh siswa saat kurikulum itu terapkan.
Jadi kesimpulan dari beberapa ahli diatas, kurikulum adalah sebuah rancangan pembelajaran yang terencana dan terarah dimana diberikan kepada yang dididik (siswa) oleh lembaga pendidikan.
Definisi pembelajaran menurut para ahli
a.     Menurut Winkel, belajar adalah semua aktivitas mental atau  psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.
b.     Menurut Ernest R. Hilgard dalam (Sumardi Suryabrata, 1984:252) belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.
c.     Menurut Sudjana (2004:28) , Pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap upaya yang sistematik dan sengaja untuk menciptakan agar terjadi kegiatan interaksi edukatif antara dua pihak, yaitu antara peserta didik (warga belajar) dan pendidik (sumber belajar) yang melakukan kegiatan membelajarkan”
Jadi kesimpulan dari beberapa ahli diatas, pembelajaran adalah proses sistematik yang dilakukan dengan sengaja untuk menciptakan interaksi aktif yang menghasilkan perubahan.


“Pendidikan, kurikulum dan pembelajaran memiliki keterikatan yang sangat penting, apalagi dalam sebuah kelembagaan. Pendidikan sebagai wadah atau disebut juga sebagai lembaga yang menampung, dimana dalam sebuah lembaga tersebut terdapat sebuah rancangan yang terencana dan terarah yang biasa disebut kurikulum. Tapi semua itu tidak akan terlaksana tanpa adanya implementasi. Implementasi itu didapat dengan pembelajaran. Untuk itulah, mengapa pendidikan, kurikulum dan pembelajaran memiliki keterkaitan yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya.”

3 komentar: