Minggu, 06 Oktober 2013

Resume Teori Belajar Pembelajaran Tanggal 3 Oktober 2013

Resume Teori Belajar Pembelajaran Tanggal 3 Oktober 2013
v  Menurut UU No.20 tahun 2007 tentang sidiknas pasal 1 ayat 20
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

v  Unsur-unsur pembelajaran
1.     Interaksi
2.    Peserta didik
3.    Pendidik
4.    Sumber
5.    Lingkungan

v  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Prinsip yaitu
Kebenaran – Pokok – Berfikir
Kebenaran yang menjadi dasar pokok untuk berfikir
Ketentuan yang mengikat
      Prinsip belajar merupakan prinsip yang berlaku bagi peserta didik dan pendidik.

v  Prinsip belajar
1.     Belajar merupakan bagian dari perkembangan.
2.    Belajar berlangsung seumur hidup.
3.    Keberhasilan belajar dipengaruhi oleh faktor bawaan, lingkungan, kematangan serta usaha dari setiap individu sendiri.
4.    Belajar mencakup semua aspek kehidupan.
5.    Kegiatan belajar berlangsung pada setiap tempat dan waktu.
6.    Kegiatan belajar berlangsung dengan atau tanpa guru.
7.    Dalam belajar dibutuhkan motivasi.
8.    Perbuatan belajar bervariasi, mulai dari yang sederhana hingga kompleks.
9.    Dalam belajar terjadi adanya hambatan-hambatan.
10. Kegiatan belajar diperlukan bantuan/bimbingan dari orang lain.

v  Aliran-aliran
1.      Nativisme, mengakui adanya bawaan, termasuk kecerdasan. Potensi dasar yang dimiliki manusia adalah keyakinan. Aliran ini memandang bahwa lingkungan tidak berpengaruh.
2.     Empirisme, mengakui bahwa semua tergantung pada lingkungan. Aliran ini memandang bawaan tidak berpengaruh.
3.     Konvergensi/Gestal theory, mengakui adanya bawaan, dimana bawaan tersebut di pengaruhi oleh lingkungan. Tetapi aliran ini tidak sepenuhnya memihak aliran nativisme ataupun empirisme, aliran ini netral.

v  4 Pilar Belajar Menurut UNESCO
1.       Belajar mengetahui (Learning to know)
2.      Belajar berkarya (Learning to do)
3.      Belajar hidup bersama (Learning to life together)
4.      Belajar berkembang utuh (Learning to be)
Learning to be
Human person as individual/as member of society.
ü  Family               
ü  Nation
ü  Regon
ü  World
ü  Moral/Ethcal
ü  Aethetic
ü  Social culture
ü  Etc

v  The many roles of a teacher (berbagai peran sebagai guru)
ü  The teacher as an instructional expert (guru sebagai ahli mengajar).
ü  The teacher as motivator (guru sebagai pemotivasi bagi siswanya).
ü  The teacher as manager (guru sebagai pengatur/mengelola unsur-unsur, seperti siswa, media prasarana, dan lainnya).
ü  The teacher as leader (guru sebagai pemimpin/yang mempengaruhi anak didik untuk mencapai tujuan. Atau guru dapat dijadikan teladan bagi siswanya).
ü  The teacher as counselor (guru sebagai penasehat atau pembimbing).
ü  The teacher as environmental engineer (guru sebagai perekayasa atau memudahkan dalam lingkungan).

v  5 tingkatan dalam belajar (Gagne dan Briggs)
Learned capability
Performance
Verbal information
Stating information
Atitudes
Choosing to behave in particular way
Intelectual skill
Using concept and rules to solve problem, responding to classes of stimuli as distinct from recalling specific examples.
Motor skill
Executing bodily movement smoothly an in proper sequence
Cognitive strategy
Originatig novel solution to problems utilizing various means for controlling one’s thingking/learning provcessis.
ü  Stating information : Mengungkapkan kembali informasi yang didapat
ü  Atitudes : Sikap;Orang yang bersikap harus memilih.

0 komentar:

Posting Komentar