Resume Teori
Belajar Pembelajaran Tanggal 3 Oktober 2013
v Menurut
UU No.20 tahun 2007 tentang sidiknas pasal 1 ayat 20
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik
dan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
v Unsur-unsur
pembelajaran
1.
Interaksi
2.
Peserta didik
3.
Pendidik
4.
Sumber
5.
Lingkungan
v Menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Prinsip yaitu
Kebenaran – Pokok – Berfikir
Kebenaran
yang menjadi dasar pokok untuk berfikir
Ketentuan
yang mengikat
Prinsip belajar merupakan prinsip yang berlaku
bagi peserta didik dan pendidik.
v Prinsip
belajar
1.
Belajar merupakan bagian dari perkembangan.
2.
Belajar berlangsung seumur hidup.
3.
Keberhasilan belajar dipengaruhi oleh faktor
bawaan, lingkungan, kematangan serta usaha dari setiap individu sendiri.
4.
Belajar mencakup semua aspek kehidupan.
5.
Kegiatan belajar berlangsung pada setiap tempat
dan waktu.
6.
Kegiatan belajar berlangsung dengan atau tanpa
guru.
7.
Dalam belajar dibutuhkan motivasi.
8.
Perbuatan belajar bervariasi, mulai dari yang
sederhana hingga kompleks.
9.
Dalam belajar terjadi adanya hambatan-hambatan.
10. Kegiatan
belajar diperlukan bantuan/bimbingan dari orang lain.
v Aliran-aliran
1.
Nativisme, mengakui adanya bawaan, termasuk
kecerdasan. Potensi dasar yang dimiliki manusia adalah keyakinan. Aliran ini
memandang bahwa lingkungan tidak berpengaruh.
2.
Empirisme, mengakui bahwa semua tergantung pada
lingkungan. Aliran ini memandang bawaan tidak berpengaruh.
3.
Konvergensi/Gestal theory, mengakui adanya bawaan,
dimana bawaan tersebut di pengaruhi oleh lingkungan. Tetapi aliran ini tidak
sepenuhnya memihak aliran nativisme ataupun empirisme, aliran ini netral.
v 4 Pilar
Belajar Menurut UNESCO
1.
Belajar mengetahui (Learning to know)
2.
Belajar berkarya (Learning to do)
3.
Belajar hidup bersama (Learning to life together)
4.
Belajar berkembang utuh (Learning to be)
Learning
to be
Human
person as individual/as member of society.
ü Family
ü Nation
ü Regon
ü World
ü Moral/Ethcal
ü Aethetic
ü Social
culture
ü Etc
v The many
roles of a teacher (berbagai peran sebagai guru)
ü The
teacher as an instructional expert (guru sebagai ahli mengajar).
ü The
teacher as motivator (guru sebagai pemotivasi bagi siswanya).
ü The
teacher as manager (guru sebagai pengatur/mengelola unsur-unsur, seperti siswa,
media prasarana, dan lainnya).
ü The teacher
as leader (guru sebagai pemimpin/yang mempengaruhi anak didik untuk mencapai
tujuan. Atau guru dapat dijadikan teladan bagi siswanya).
ü The
teacher as counselor (guru sebagai penasehat atau pembimbing).
ü The
teacher as environmental engineer (guru sebagai perekayasa atau memudahkan
dalam lingkungan).
v 5
tingkatan dalam belajar (Gagne dan Briggs)
Learned capability
|
Performance
|
Verbal information
|
Stating information
|
Atitudes
|
Choosing to behave in particular way
|
Intelectual skill
|
Using concept and rules to solve problem,
responding to classes of stimuli as distinct from recalling specific
examples.
|
Motor skill
|
Executing bodily movement smoothly an in proper
sequence
|
Cognitive strategy
|
Originatig novel solution to problems utilizing
various means for controlling one’s thingking/learning provcessis.
|
ü Stating
information : Mengungkapkan kembali informasi yang didapat
ü Atitudes
: Sikap;Orang yang bersikap harus memilih.
0 komentar:
Posting Komentar